5 Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Cobain

Wisata Kuliner Jogja

Jogja menjadi salah satu sasaran wisatawan yang ingin liburan di Indonesia. Tidak hanya terkenal dengan budaya dan alamnya yang magis, tetapi juga wisata kuliner jogja juga banyak diminati oleh wisatawan. Beragam wisata kuliner yang disajikan sangat khas dari Gudeg sampai angkringan juga sangat mudah kamu temuin di Jogja.

Nah, jika dalam waktu dekat ini kamu ada berkunjung ke Jogja, cobalah ke tempat makan yang minchef rekomendasiin berikut ini:

Gudeg Sagan

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No.54 A, Samirono, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55223

Jam buka: 8AM – 11PM

Ini salah satu tempat makan gudeg legendaris di Jogja yang terletak di Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes atau banyak orang yang kenal jalan ini dengan nama Jalan Sagan. Dulunya Gudeg Sagan ini hanya berjualan kaki lima di tahun 2000 dan kemudian popular setelah salah satu stasiun TV meliput tempat makan gudeg basah ini.

Menu dan harga dari Gudeg Sagan itu sendiri sangat tertera jelas di daftar menu, mulai dari potongan ayam yang diinginkan atau topping-topping tambahan seperti tahu, tempe, telur dan lain-lain. Ayam yang digunakan Gudeg Sagan adalah ayam kampung dan untuk telur yang digunakan adalah telur bebek.

Cita rasa dari Gudeg Sagan menurut minchef sangat gurih dan sedikit manis tetapi setiap porsinya disajikan dengan krecek yang cenderung sedikit pedas jadi paduan dari gurih, manis dan pedasnya sangat balance.

Tengkleng Gajah

Lokasi: Jl. Kaliurang KM. 9.3, Gantalan, Minomartani, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582

Jam buka: 9AM – 9PM

Bagi pecinta daging kambing, kamu wajib cobain nih tengkleng gajah kalau lagi berkunjung ke jogja. Ini bukan daging gajah loh ya! Tapi porsi yang disajikan dari Tengkleng Gajah ini tidak normal alias super gede.

Menu andalan dari Tengkleng Gajah adalah tongseng, tengkleng goreng, sate, dan tengkleng gulai, tapi ga itu aja kok menunya, ada beberapa olahan daging kambing lainnya yang disajikan oleh Tengkleng Gajah. Kalau rekomendasi dari minchef sih cobain tengkleng gulai dan tengkleng goreng, paduan kuah dan bumbunya terasa sangat segar di lidah.

Untuk harganya, satu porsinya di banderol dengan harga kurang lebih 40.000 – 50.000. kalau dilihat dari porsinya yang banyak, itu tergolong worth it untuk minchef. Selamat mencoba!

Resto Jejamuran

Lokasi: Jl. Pendowoharjo No.RT.01, RW.20, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55512

Jam buka: 9AM – 9PM

Resto Jejamuran ini didirikan oleh bapak Ratidjo di tahun 1997. Dari dulu hingga sekarang beliau tetap mempertahankan konsep rumah makannya yang bernuansa serba jamur. Di resto ini, kamu bukan hanya dapat menikmati wisata kuliner jamurnya, tetapi disini kamu juga bisa dapat edukasi tentang dunia jamur oleh ahlinya karena di resto ini tersedia lahan dengan aneka jenis jamur.

Bahan baku untuk Resto Jejamurannya itu sendiri tersedia di Kebun jamurnya mereka, jadi kuliner jamur yang disajikan pasti segar dan sehat untuk dikonsumsi.

Sesuai dengan konsep Jejamuran, menu yang ditawarkan juga beraneka olahan jamur mulai dari sate, gulai, tongseng, jamur goreng, dan banyak lagi.

Untuk harganya sangat terjangkau, hanya dibanderol dengan harga 15.000-25.000 per porsinya.

Tempo Gelato

Lokasi: Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Jam buka: 10AM – 11PM

Kalau lagi wisata kuliner di Jogja, kurang pas kalau cobanya cuma makanan berat saja, sesekali boleh dong coba dessert es krim di Tempo Gelato. Untuk gerai tempo gelato sebenarnya ada di 3 tempat berbeda yaitu di Kaliurang, Prawirotaman dan di Jalan Taman Siswa.

Saat memasuki salah satu gerai tempo gelato, kamu akan melihat gelato dengan berbagai warna dan rasa mulai dari Yogurt, Caramel, Cinnamon, Chocolate, Nutella, Mint, Oreo, Vanila, Strawberry, Matcha, Mango, White Chocolate, Ginger, Coconut Choco dan masih banyak varian rasa lainnya.

Untuk penyajiannya, Tempo Gelato menyajikan 2 pilihan yaitu cone dan cup. Harganya juga sangat terjangkau, untuk cone (2 flavors) hanya dibanderol dengan 30 ribu Rupiah dan untuk cup terdapat 4 porsi:

  • Small  Cup (2 flavors) : Rp.25.000
  • Medium Cup (3 flavors) : Rp.45.000
  • Big Cup (4 flavors) : Rp.70.000
  • X Big Cup (5 flavors) : Rp.120.000

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Lokasi: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Jam buka: 11PM – 5AM

Nah kalau yang satu ini gak kalah legendaris dengan Gudeg Sagan, bedanya di Gudeg Bromo Bu Tekluk itu tergolong legendaris sebagai kuliner malam. Gudeg Bromo Bu Tekluk ini didirikan oleh seorang ibu yang bernama Bu Sumijo di tahun 1984, ternyata nama ‘Tekluk’ itu sendiri bukan diambil dari nama pemiliknya loh! Nama ‘Tekluk’ itu diambil dari Bahasa jawa yang berarti terkantuk-kantuk.

Menu utama yang ditawarkan adalag Gudeg basah yang disajikan dengan berbagai lauk pauk dan krecek. Untuk lauk pauknya, Gudeg Bromo menyajikan telur bacem, ayam (kampung dan broiler), tempe, tahu dan ceker.

Tips dari minchef untuk kamu yang mau mencoba kuliner malam ini, pertama kamu harus datang tepat waktu atau kalau bisa sebelum buka, karena walaupun kuliner malam ini baru buka jam 11 malam bukan berarti bakal sepi yaaa, biasanya 10 menit sebelum buka udah ramai yang antri, jadi usahakan kamu datang sebelum itu. Kedua cobain gudeg basahnya + tempe crispy-nya, minchef suka banget paduan gudeg basah dan krispi tempenya, susah deh jelasin nikmatnya, kamu harus langsung coba!

Baca juga: 4 RESEP MASAKAN SEDERHANA UNTUK ANAK KOS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *