6 Alternatif Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Makanan Pengganti Nasi

Simak Makanan Pengganti Nasi Berikut!

Makanan pengganti nasi tentunya sangat berguna untuk kesehatan dan penurunan berat badan. Salah satunya dengan mengurangi asupan karbohidrat dan membatasinya maksimal 150-200 g per harinya, tetapi harus disadari juga, untuk menjaga kesehatan, kamu tetap perlu asupan karbohidrat lainnya, lebih tepatnya memilih asupan karbohidrat yang tinggi akan seratnya atau yang biasanya disebut dengan karbohidrat kompleks. Nah sebenarnya ada beberapa makanan pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi setiap harinya, berikut minchef rangkum ada 6 alternatif makanan pengganti nasi:

Kentang

Makanan Pengganti Nasi Kentang
Sumber: Unsplash

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mungkin sudah banyak diketahui. Banyak orang Indonesia mengkonsumsi kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa juga menjadi makanan utama juga.

Untuk kamu yang sedang dalam program diet, kentang dapat kamu konsumsi sebagai pengganti nasi putih. Didalam kentang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti kalium yang tinggi (bahkan lebih tinggi dari pisang), vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi.

Namun ada hal yang harus kamu sadari yaitu penyajian kentang tersebut,jika kamu bertujuan untuk mengurapi berat badan, coba jangan menggoreng kentang karena minyak yang kamu gunakan dapat menambah asupan lemak kedalam tubuh  kamu, alhasil berat badan kamu bukannya turun melainkan malah naik dan diet kamu gagal. Minchef saranin coba penyajiannya dengan cara dikukus atau direbus, selain lebih enak, itu juga dapat membantu kamu untuk mengurangi berat badan.

Beras merah

Makanan Pengganti Nasi Beras Merah
Sumber: Unsplash

Kamu harus tau nih, meskipun sama-sama beras, tetapi beras merah memiliki kandungan nutrisi  yang lebih sehat dari beras putih contohnya, beras merah mengandung serat yang lebih tinggi yang merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi juga antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan.

Sama halnya untuk penyajian nasi merah, kamu bisa menggunakan penanak nasi untuk memasak nasi merah dan jangan lupa konsumsi juga lauk yang sehat dan bergizi ya!

Oatmeal

Makanan Pengganti Nasi Oatmeal
Sumber: Unsplash

Oatmeal juga merupakan makanan pengganti nasi yang bisa kamu pilih untuk mendukung program diet kamu. Didalam oatmeal terkandung serat yang tinggi jadi ini dapat membantu kamu untuk kenyang lebih lama juga mengontrol kadar gula darah didalam tubuh kamu.

Namun, yang jadi perhatian adalah makanan pendamping yang kamu tambahkan di oatmeal kamu. Menurut minchef sih, coba pilih makanan pendamping yang kaya nutrisi dan sehat, contohnya kamu bisa pakai pisang, strawberry, blueberry, dan lain-lain

Kembang kol

Kembang Kol
Sumber: Unsplash

Kamu udah pernah nyobain nasi dari kembang kol belum? Kalau belum, nih waktunya kamu cobain bikin nasi dari kembang kol. Selain kaya serat dan nutrisi, rasa nasi dari kembang kol juga gak kalah dari nasi biasa. Nasi dari kembang kol juga mengandung vitamin C, E, K, betakaroten, kuersetin, asam sinamat, dan beta-cryptoxanthin juga kaya akan antioksidan.

Untuk penyajiannya juga gak susah kok, cukup kamu cincang halus kembang kol lalu kamu sangrai atau dikukus. Setelah itu juga kamu bisa simpan nasi kembang kol ini di kulkas dan dimasak atau dikukus saat diperlukan.

Brokoli

Brokoli
Sumber: Unsplash

Sama seperti kembang kol, nasi dari brokoli juga dapat kamu coba untuk membantu program diet kamu. Selain itu, brokoli juga kaya akan nutrisi yang dapat membantu kamu mencegah kanker. Menurut ahli gizi dari University of Texas, brokoli mengandung serat, potasium, protein, vitamin C, B6, dan A dan juga bebas akan lemak dan terdiri dari 7g karbohidrat untuk 100g/sajian.

Untuk penyajiannya, cukup kamu cincang halus seperti kembang kol juga, atau kamu bisa blender menggunakan food processor lalu dikukus atau direbus sebentar agar kandungan nutrisi dan seratnya tidak banyak terbuang.

Quinoa

Quinoa
Sumber: Unsplash

Ada yang udah tau Quinoa belum? Kalau belum tau, ini dibaca “keen-wah” ya. Jadi quinoa ini tergolong dalam superfood, dimana quinoa memiliki banyak kandungan nutrisinya seperti protein, serat, zat besi, potasium, magnesium, fosfor, mangan, folat, thiamine, dan vitamin B6. Walaupun quinoa memiliki kandungan karbohidrat yang sedikit tinggi, tetapi makanan ini tergolong non-gluten, dimana ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan intoleran glutein.

Menurut minchef untuk penyajiannya sama saja dengan nasi, kamu bisa lebih kreatif disini, contohnya dengan menambahkan sayur-sayuran atau kamu bisa juga kombinasikan dengan sup hangat.

Nah dari 6 rangkuman minchef, mana yang paling menggoda seleramu untuk makanan pengganti nasi nih? Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kamu dengan menambah asupan buah-buahan yaa!

Baca Juga: 10 ALASAN HINDARI KONSUMSI SODA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *