7 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Kamu Mau Tahu Cara Mengolah Daging Kambing Dengan Benar Agar Tak Bau Prengus ? Yuk Lihat Tipsnya

https://unsplash.com/photos/somKa7kuAmQ

Daging kambing merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain daging ayam dan daging sapi. Daging kambing juga mengandung protein, lemak, kalori, kolesterol dan zat besi tetapi efek sampin makanan satu ini adalah bau khas prengus kambing. Pengolahan daging kambing tidak benar makan daging akan alot dan tidak empuk. Salah satu yang menjadi keluahan dan masalahnya adalah bagaimana cara mengolah daging kambing supaya tidak bau prengus dan empuk.

Pustaka Digital Indonesia: Daging Sapi VS Kambing, Mana Yang Lebih Banyak  Kolesterolnya?
http://pustakadigitalindonesia.blogspot.com/2018/08/daging-sapi-vs-kambing-mana-yang-lebih.html

Kamu tahu nggak bahwa daging kambing itu sebenarnya memiliki kandungan lemak dan kandungan kolesterol yang lebih sedikit per 100 gramnya apabila dibandingkan dengan daging ayam ataupun daging sapi lho. Daging kambingnya benar maka akan banyak sekali manfaat yang kita dapat. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, sumber energi untuk aktivitas, kesehatan tulang, kesehatan kulit dan kesehatan jantung. Daging kambing yag diolah dan dimasak dan diolah dengan benar juga bisa mencegah stroke, mencegah depresi, gagal ginjal, kanker.

Kamu tahu nggak bahwa daging kambing itu sebenarnya memiliki kandungan lemak dan kandungan kolesterol yang lebih sedikit per 100 gramnya apabila dibandingkan dengan daging ayam ataupun daging sapi lho. Daging kambingnya benar maka akan banyak sekali manfaat yang kita dapat. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, sumber energi untuk aktivitas, kesehatan tulang, kesehatan kulit dan kesehatan jantung. Daging kambing yag diolah dan dimasak dan diolah dengan benar juga bisa mencegah stroke, mencegah depresi, gagal ginjal, kanker. Guys, ini nih langkah untuk mengolah daging kambing yang benar.

  • Jangan Dicuci Cukup Direbus
https://unsplash.com/photos/PJBDItb1tpg

Daging kambing yang sudah disembelih ataupun kita beli dipasar tidak perlu dicuci terlebih dahulu saat akan dimasak. Karateristik daging ini memang sedikit unik. Kalau cara mengolah daging kambing nya dicuci dengan air, maka bau khas prengus kambing akan semakin keluar. Daging cukup direbus sampai mendidih dan buang kotoran dan busa yang keluar selama proses merebusnya. Setelah itu bisa dimasak dengan bumbu sop kambing, gulai kambing atau yang lainnya.

  • Hilangkan Bau Prengus Kambing Dengan Buah Nanas dan Buah Pir
15 Buah Yang Mengandung Serat Paling Tinggi : www.buahaz.com
https://pixnio.com/id/media/pir-buah-nanas-makanan-menghasilkan

Cara mengolah daging kambing supaya tidak prengus selanjutnya adalah dengan menggunakan buah nanas dan buah Pir. Kupas kulit luar buah nanas dan Pir  kemudian parut buah nanasnya. Setelah itu rendam daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam parutan nanas. Pastikan semua daging terendam dalam parutannya. Tunggu sampai empuk atau kurang lebih selama 10 menit – 30 menit saja setelah itu bisa diolah dengan bumbu resep kambing andalan kamu.

  • Bungkus Daging Kambing Menggunakan Daun Pepaya
Vanilla Hills Soul Food: Papaya - the natural meat tenderizer
https://4.bp.blogspot.com/-ocR_fk1BN68/TbG7EsbmLuI/AAAAAAAAA6k/a3asodTe5NU/s1600/P1080169.jpg

Cara memasak daging kambing supaya cepat empuk adalah dengan dibungkus dengan daun pepaya. Cuci bersih daun pepaya atau cukup dilap dengan kain basah supaya kotoran dan debu yang mungkin menempel bisa hilang. Bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya supaya tekstur daging tidak alot selama beberapa saat. Setelah itu bisa diolah seperti biasanya.

  • Hilangkan Bau Dengan Membuang Lemak Daging Kambing
Cara Memotong Daging Sapi Yang Benar Agar Daging Empuk dan Lezat
http://dayyamesin.com/cara-memotong-daging-sapi/

Bau prengus yang timbul dari daging kambing disebabkan karena lemaknya. Untuk itu sebaiknya lemak di daging kambing harus benar-benar dibuang terlebih dahulu. Daging sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di kulkas atau freezer, setelah lemaknya mengeras kemudian bisa dengan mudah kita iris dan buang bagian lemaknya.

  • Cara Memasak Kambing Dengan Aneka Rempah Alami
Penderita Hipertensi Jangan Berlebihan Konsumsi Daging
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631205/benarkah-penderita-hipertensi-tidak-boleh-makan-daging

Kalau ternyata daging kambing yang akan diolah sudah terlanjur dicuci, maka cara mengolah daging kambing supaya tidak bau adalah dengan merebusnya dengan rempah-rempah alami. Rempah-rempah yang digunakan harus memiliki aroma yang kuat sehingga bau prengusnya bisa hilang. Kamu bisa menggunakan daun jeruk, batang serai, daun kemangi, jahe, cengkeh, kapulaga ataupun jenis rempah lainnya yang beraroma kuat.

  • Beri Taburan Garam Dapur Beryodium
5 Tips Daging agar Empuk, Simak cara Pengolahannya - Jurnal Palopo
https://jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-43644475/5-tips-daging-agar-empuk-simak-cara-pengolahannya?page=2

Cara lain untuk mengolah daging kambing supaya tidak bau prengus setelah dicuci adalah memberikan taburan garam dapur beryodium diatasnya. Kalau sudah terlanjur dicuci, taburi semua bagian daging kambing dengan garam dapur sampai benar-benar rata. Setelah itu jangan langsung dicuci. Biarkan dahulu selama kurang lebih 60 menit supaya garam meresap dan menetralkan bau darah kambingnya, setelah itu bisa dicuci kembali dengan air dingin sebelum dimasak dengan resep kambing andalan.

  • Cara Mengolah Kambing Dengan Air Jeruk Nipis
Cara Memasak Daging Kambing, Dijamin Bau Prengus Hilang - Berkeluarga
https://berkeluarga.id/2020/07/02/cara-menghilangkan-bau-prengus-sebelum-memasak-daging-kambing/

Tips terakhir untuk membuat daging kambing tidak bau prengus adalah menggunakan air jeruk nipis lalu siram air jeruk nipis diatas permukaan daging kambing sampai rata. Diamkan supaya air jeruk nipisnya meresap kurang lebih selama kurang lebih 30 menit sampai 60 menit.

Baca juga : MENARIK! MENELUSURI SEJARAH DAN MANFAAT SUSHI KHAS JEPANG

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *