Menarik! Menelusuri Sejarah dan Manfaat Sushi Khas Jepang

Ingin Tahu Sejarah Sushi yang Menjadi Makanan Favorit Semua Orang ? Pasti Menggugah Selera dan Membuat Kamu Terkejut

https://unsplash.com/photos/dH9zt0QuQL0

Siapa yang suka sushi nih ? Sushi merupakan makanan ala Jepang yang berbahan dasar nasi yang disajikan bersama neta atau lauk yang berupa makanan laut, daging atau sayuran. Sushi juga termasuk makanan fast food yang sehat dan bergizi jg. Kamu sudah tahu belum kalau tanggal 18 Juni diperingati sebagai Hari Sushi sedunia? Ya, tanggal 18 Juni diperingati sebagai hari Sushi dan sejak tahun 2009. Sushi dapat di sesuaikan dengan selera masing-masing orang atau yag dikenal dengan nama Fushion Sushi. Faktanya sushi salah satu makanan tertua yang pernah ada lho. Sushi memiliki cerita yang cukup panjang dan unik. Inilah sejarah Sushi, makanan tradisional Jepang. bagaimana sushi bisa menjadi mendunia sampai saat ini. Penasaran ? Check this out guys.

  • Berasal dari Abad ke-8
https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_sushi#/media/File:Hiroshige_Bowl_of_Sushi.jpg

Di Jepang  sushi mulai dikenal sejak abad ke-8. Berdasarkan sejarahnya sushi berasal dari China dan memiliki arti sebagai sebuah teknik pengawetan ikan dengan cara membungkus ikan dalam nasi, garam, dan cuka. Sushi dalam bahasa Jepang sendiri memiliki arti yang istimewa yaitu panjang umur dan kesuksesan jabatan. Secara keseluruhan sushi adalah makanan yang di santap oleh para orang kaya.Sushi mulai dikenal sejak zaman Edo dan dikenal dengan nama oshizushi. Tapi di akhir masa Edo, sushi berubah kembali jadi nigirizushi. Namun ukurannya diperkecil sehingga lebih mudah disantap. Kala itu di tahun 70-an sushi masih jadi makanan mewah sedangkan kalangan biasa hanya menyantapnya dalam acara khusus. Bentuk sushi yang dikenal sekarang ini baru dikenal di abad 19 di Tokyo.

  • Sushi Bermula dari Makanan Fermentasi
https://unsplash.com/photos/4ZDNhvskCsc

Sushi yang kita kenal sekarang ini adalah dimana diatas sekepal nasi yang telah dicampur dengan vinegar, dibubuhi ikan mentah seperti tuna, salmon, udang dan lain-lain yang sering disebut “Nigiri Sushi”. Sejarah Sushi bermula dari ikan yang diawetkan dan disebut narezushi pada zaman Nara. Ikan ini diawetkan dengan garam dan disimpan dalam wadah bersama dengan nasi dalam waktu cukup lama sehingga ikan yang difermentasikan dengan asam laktat ini akan terasa masam.

  • Nigiri Sushi Telah Menjadi Makanan Cepat Saji di Zaman Edo
https://unsplash.com/photos/fLXFN-x8FIw

Nigiri sushi menjadi sangat populer di zaman Edo. Pada masa itu, sushi dijual di warung-warung makan pinggir jalan, tidak seperti makanan semewah sekarang. Harganya pun cukup terjangkau serta konsep penyajiannya pun cukup kasual, para pelanggan cukup berdiri seperti didalam bar dan mereka menjumput beberapa potong sushi. Edo (Tokyo) pada masa itu banyak dihuni oleh pekerja kelas bawah sehingga konsep warung makan sushi yang murah meriah disambut dengan antusias.

  • Penyebaran Makanan Sushi Secara Global
https://unsplash.com/photos/W4MpzmHKt9U

Globalisasi yang terjadi setelah Perang Dunia II membuat banyaknya perdagangan antar negara menjadi lebih mudah. Ledakan sushi terjadi selama Jepang berubah menjadi raksasa ekonomi global. Pada tahun 1970 perdagangan Tuna Bluefin yang meledak membuat makanan ini menjadi semakin populer di kalangan berbagai dunia. Tidak seperti masakan Cina, masakan Jepang diperkenalkan ke Amerika melalui “Imigran Kaya” dan dimakan oleh pebisnis kaya Jepang, memberi kesan mewah terhadapnya. Salah satu produk dari koalisi kultural pertama adalah California roll dengan bahan-bahannya tak pernah dipakai dalam sushi di Jepang seperti mentimun, daging kepiting, dan alpukat. Penemuan ini juga terlihat berbeda dari maki tradisional dengan bentuk “terbalik” karena nori yang disembunyikan dibawah selapis nasi. Maka tak heran, bila di mana pun kita berada akan sangat mudah mendapatkan sushi.

  • Sushi adalah Salah Satu Makanan Tersehat di Dunia
https://unsplash.com/photos/Xd5F5tEN_0w

Sushi adalah makanan yang paling di gemari, dan sehat untuk di konsumsi. Pasalnya 75% nutrionist setuju bahwa makanan ini sehat. Ikan itu sendiri memiliki banyak Vitamin A dan D, tergantung ikan apa yang akan di gunakan pada sushi. Ikan sendiri memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang bagus untuk kesehatan tulang pada manusia. Sayur yang terdapat pada sushi juga dapat menjaga kesehatan. Namun penggunakan saus mayonaise juga dapat menjadi kan sushi makanan yang tidak sehat karena kandungan gula yang terdapat pada mayonaise itu sendiri. Pemilih bahan-bahan yang digunakan pada sushi harus selektif. Ikan yang fresh akan berbeda dengan ikan yang sudah di simpan beberapa hari. Hal ini penting mengingat ikan merupakan bahan utama Sushi.

Baca juga : https://ayo-makan.com/mulai-rasain-penuaan-dini-yuk-lawan-dengan-5-buah-ini/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *