Mulai Rasain Penuaan Dini? Yuk Lawan Dengan 5 Buah Ini!

Sebel banget kan masih muda udah muncul bintik hitam, garis-garis halus, atau kulit kusam?

Sibuk sama deadline kerjaan untuk kantor? Atau begadang kejar revisi skripsi? Awas ya guys, itu termasuk faktor-faktor yang bisa mempercepat penuaan dini. Nah, kita udah siapin nih daftar buah-buahan yang bisa kamu stok mulai sekarang untuk mencegah penuaan dini. Let’s check it out!

Anggur Merah
Anggur Merah Mencegah Penuaan Dini
Buah anggur merah ya, bukan yang minuman. (Pexels)

Kamu pasti udah nggak asing dengan adegan film raja atau ratu yang sedang memakan anggur merah kan? Nah, buah ini dari zaman nenek moyang kita dahulu memang sudah dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Kandungan Resviratrol yang ada pada anggur merah berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk tubuh kita. Manfaatnya mulai dari membuat kulit lebih cerah, memperlambat stres oksidatif, menangkal radikal bebas, hingga meminimalisir efek dari paparan sinar ultraviolet.

Nanas
Nanas Pencegah Penuaan Dini
Nanas, buah yang terkenal akan mitos kontroversialnya. (Pexels)

Dibalik perjuangan yang berat untuk mengupas kulitnya, ternyata banyak banget nih manfaat dari buah yang satu ini lho guys. Nanas termasuk dalam buah yang memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen sehingga dapat menghambat munculnya keriput pada kulit. Selain itu, terdapat juga kandungan enzim Bromelin yang berfungsi sebagai anti peradangan pada sistem pencernaan dan mencegah timbulnya jerawat pada kulit kita. Tapi ingat jangan banyak-banyak ya guys, Bromelin dalam jumlah besar di tubuh kita dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Baca Juga : Sedih, 4 Jajanan Tradisional Ini Makin Sulit Dicari!

Semangka
Semangka Pencegah Penuaan Dini
Semangka, buah idola para wedding catering. (Pexels)

Buah yang sering menjadi dessert di acara pernikahan ini ternyata memiliki banyak nutrisi untuk menghambat penuaan dini lho. Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kadar air paling tinggi, yakni sekitar 92%. Tingginya kadar air ini dapat dapat menjaga hidrasi tubuh sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Semangka juga kaya akan kandungan Likopen dan antioksidan yang bisa menangkal efek radikal bebas yang merangsang pertumbuhan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan bintik hitam. 

Kiwi
Kiwi Mencegah Penuaan Dini
Kiwi yang buah ya, bukan yang burung. (Pexels)

Buah ini awalnya bernama Gosberry China, lalu buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an menjadi melonette, kemudian barulah menjadi Kiwi seperti yang kita kenal sekarang. Kiwi termasuk buah yang paling banyak digunakan sebagai campuran bahan produk kecantikan karena tingginya kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium. Salah satu hal unik dari Kiwi adalah kulit buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang tinggi, sekitar 3 kali lebih banyak dibanding daging buahnya. Senyawa antioksidan dan berbagai vitamin dalam buah Kiwi dapat mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit lho guys!

Alpukat
Tenang aja, Alpukat ga bikin kamu gendut kok! (Pexels)

Siapa yang belum pernah coba Alpukat? Buah ini termasuk paling banyak lho olahannya. Mulai dari juice, selai, cake, sampai jadi masker muka juga bisa sob. Alpukat merupakan sumber Vitamin K, Vitamin C, dan Vitamin E. Selain itu, Alpukat juga mengandung Folat, Niacin, Riboflavin, Kalium, tembaga, magnesium, mangan, dan antioksidan dalam jumlah yang cukup. Manfaat mengonsumsi Alpukat antara lain sebagai pelembap alami, mengurangi wajah berminyak, mengurangi jerawat dan menghaluskan kulit kita. Untuk kalian yang takut gemuk, tenang aja sob.Lemak yang ada dalam Alpukat itu termasuk lemak yang sehat, jadi bakal lebih mudah untuk diserap tubuh kok!

Nah, itulah daftar 5 buah-buahan yang bisa membantu tubuh kita untuk mencegah proses penuaan dini nih sob. Kira-kira buah favorit kamu ada di daftar ini gak? Komentar dibawah ya sobat begah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *