Yuk Intip, 7 Makanan Legendaris Khas Malang

Pengen liburan keluarga sekalian wisata kuliner legendaris di Kota Malang ? Makanan khas Malang yang lezat dan menggugah selera

Malang merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia. Kota Malang dikenal dengan udara sejuknya, tempat wisata alam dan kulinernya. Kota yang terkenal dengan buah apelnya ini, kamu tidak hanya bisa menikmati berbagai obyek wisata untuk keluarga tapi kamu juga dapat menyantap beragam sajian kuliner legendaris khas Malang yang telah bertahan selama puluhan tahun. Penasaran ? Check this out, guys.

  • Toko Oen
Sumber : https://myeatandtravelstory.wordpress.com/2018/06/14/toko-oen-yang-legendaris-malang/

Oen terletak tepat di jantung Kota Malang di seberang Gereja Katolik Hati Kudus Yesus pengunjung akan disuguhkan dengan nuansa nostalgia lewat bangunan tua Toko Oen yang melegenda. Toko Oen dikenal dengan resep menu es krim yang dibuat sendiri dan sudah ada sejak 1930 serta Bistik Lidah ala tempo doeloe. Cocok untuk kamu yang suka bernostalgia, seakan kembali pada masa Colonial Belanda.

  • Puthu Lanang
Sumber : https://travel.tribunnews.com/2018/10/16/mengenal-lebih-dekat-puthu-malang-kuliner-khas-malang-yang-sudah-ada-sejak-1935?page=3

Puthu adalah jenis makan tradisional nusantara yang berupa kue dengan isian gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar.Warung putu legendaris yang berada di mulut sebuah gang sempit ini didirikan sejak lama oleh Bu Soepijah sejak tahun 1935. Meski hanya menjual aneka jajanan dan kudapan ringan yang lezat seperti Kue Putu, Cenil, Lupis dan Klepon, namun peminatnya tetap membludak hingga saat ini.

  • Depot Nasi Buk Matira
Sumber : https://ongistravel.com/tempat-sarapan-murah-malang/

Nasi Buk Madura kenyataannya kuliner satu ini justru tidak ada di Madura dan hanya dapat dijumpai di Malang. Salah satu makan legendaris khas Malang. Awalnya diciptakan oleh orang-orang Madura yang bermukim di Malang. Nasi Buk Matira ini didirikan pada tahun 1935. Nasi Buk Matirah merupakan pelopor dari kuliner asal kota Malang dengan citarasa khas Madura ini. Nah, di warung ini terdapat berbagai macam lauk yang bisa kamu nikmati, seperti babat, paru, jantung, empal, ayam, kikil, dan sate daging. Ciri khas dari nasi Buk yang tidak bisa ketinggalan adalah adanya mendol (Tempel dibentuk bundar dan digoreng) yang disajikan sebagai pendamping. Selain nasi Buk, kamu juga bisa mencicipi menu legendaris lainnya seperti rawon khas madura. Yummy.

  • Rawon Brintik
Sumber : http://Instagram.com/r47natjan

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Meskipun Rawon dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur. Menyantap sepiring nasi dengan daging sapi empuk dari Rawon Brintik akan semakin nikmat ditemani sepotong tempe goreng renyah dan kerupuk udang. Rawon adalah salah satu makanan legendaris khas Malang. Kuah hitam kental dengan bumbu rempah yang nikmat cocok banget disantap saat kota Malang sedang dingin-dinginnya.

  • Warung Sate Gebug
Sumber : https://www.kompasiana.com/kurakurabiru/5cf2528faa3ccd281b1ddc4f/sate-gebug-1920

Warung Sate Gebug ini amat unik karena berdiri di sebuah gardu listrik jaman dulu.Di dirikan sejak tahun 1920. Berdiri hampir satu abad lalu, warung ini terkenal dengan rasa sate gebug atau sate dagingnya yang sangat lembut dengan bumbu yang sedap karena menggunakan daging sirloin pilihan. Bahkan warung ini memilih tak buka kalau stok daging berkualitas terbaik habis di pasaran.

  • Sego Resek
Sumber : http://blog.darmawisataindonesia.co.id/sego-resek-kuliner-unik-kota-malang/

Meski namanya Sego Resek (baca: sampah) racikan bumbu tradisional yang diaduk bersama nasi ini tidak menghilangkan cita rasa nikmat yang khas. Ini salah satu makanan legendaris khas Malang yg sangat populer. Dimasak menggunakan arang, di sini Anda bisa mencicipi ragam menu masakan nasi goreng dan nasi mawut yang menjadi menu andalan dari kedai yang didirikan oleh Bapak Noto dan Ibu Sadiah ini.

  • Soto Ayam Lombok
https://ongistravel.com/soto-enak-di-malang/

Bukan karena soto ini berasal dari wilayah Lombok, melainkan karena warung pertama soto ini dibuka di Jalan Lombok, Malang. Berdiri sejak 1955, warung soto ini sudah memiliki banyak cabang di Kota Malang, tanpa mengurangi cita rasa yang khas. Meski demikian, tetap saja banyak pengunjung yang memilih untuk menyantap semangkuk soto ayam lezat di Jalan Lombok.

Baca juga : https://ayo-makan.com/6-alternatif-makanan-pengganti-nasi-untuk-diet/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *